Jadah Tempe, Burger Unik dari Kaliurang yang disukai Raja Jogja

Berwisata ke kota Yogyakarta tak lengkap rasanya bila hanya mengunjungi Malioboronya saja. banyak hal yang bisa kita lakukan di kota ini, seperti menikmati pantai-pantainya yang indah dan letaknya yang tersembunyi, mencicipi berbagai kuliner tradisional dll. semua bisa kita dapatkan di kota ini. namun ada makanan untuk dicicipi nih, salah satu makanan unik yang berasal dari kabupaten Sleman khususnya dari daerah Kaliurang yang letaknya berada di Lereng Merapi yaitu Jadah Tempe. Jadah Tempe? Ya, pasti kebanyakan orang masih bingung dengan nama kuliner satu ini. panganan tradisional yang satu ini memang belum banyak yang tahu, apalagi buat kamu yang tinggal di kota-kota besar dan bukan asli jogja. Jadah Tempe merupakan kuiner khas yang berasal dari Kaliurang, Sleman, Jogjakarta dan tidak akan kalian temui di sembarang tempat di jogjakarta. makanan yang terdiri dari kombinasi yang unik ini sebenarnya sudah ada dari jaman dahulu dan merupakan salah satu makanan kegemaran Sri Sultan HB IX.
makanan yang terbuat dari Ketan dan kedelai ini memang memilki cita rasa yang unik. bagaimana tidak, jadah yang berasal dari ketan yang dihaluskan dengan campuran kelapa dan memiliki tekstur yang kenyal dipadu dengan Tempe Bacem yang memilki rasa manis. menjadi kombinasi makanan yang gurih dan enak. Jadah sendiri memilki sebutan lain bagi masyarakat jawa tengah, mereka biasa menyebutnya dengan Gemblong sedangkan masyrakat Jawa Barat menyebutnya dengan Uli. makanan yang disajikan dengan di bungkus daun pisang ini dan penyajiannya dengan cara ditumpuk menyerupai Burger. tak disangka ternyata banyak sekali peminatnya, tak hanya dari masyarakat setempat, wisatawan lokal bahkan turis asing pun sering mendatangi warung yang menjual panganan unik ini untuk sekedar mencicipinya. biasanya memakan Jadah Tempe akan terasa lebih nikmat lagi jika di temani cabe rawit. jadi perpaduan rasa antara gurih manis dan pedasnya cabe bercampur menjadi satu dan cocok di santap pada hawa dingin seperti di kawasan Kaliurang.

jadah tempe
sumber gambar: plus.google.com
jadah
sumber gambar: www.kooliner.com

Dan salah satu warung terkenal yang menjual jadah tempenya yang Lezat adalah Warung Jadah Tempe Mbah Carik. warung yang memilki sejarah yang panjang ini ternyata sudah terkenal sejak tahun 1950-an. orang yang pertama kali memperkenalkan makanan sekaligus pemilik asli warung ini adalah mbah Sastro Dinomo. pada jamannya beliau sudah memproduksi jadah tempe namun hanya dalam produksi yang sedikit dan dijual di area Telogo Putri Kaliurang. dijamannya, penjualan jadah tempe di warung ini terlihat biasa saja tidak ada yang istimewa karena belum banyak peminat nya. namun makanan tersebut menjadi terkenal setelah Sri Sultan Hamengkubowono IX datang ke Desa wisata Kaliurang dan mencicipinya langsung diwarung ini. tak disangka ternyata Sri Sultan sangat menyukainya. sampai akhirnya Sri Sultan sering mengutus abdi dalem Keraton Ngayogyakarta untuk kembali ke warung tersebut dan membeli jadah tempe lagi. hingga pada akhirnya makanan ini menjadi salah satu makanan kesukaan Sang Raja. dan pemberian nama Warung Jadah Tempe Mbah Carik sendiri sebenarnya adalah usulan dari Sri Sultan melalui pengawalnya. melihat jabatan mbah Satri Dinomo pada saat itu adalah Carik di desanya. saat itulah menjadi titik balik dari Warung Jadah Tempe Mbah Carik yang sampai saat ini nama tersebut masih dipakai dan menjadi salah satu pelopor warung jadah tempe di daerah wisata kaliurang. dan berkat usaha mbah Sastro Dinomo mempertahankan cita rasa dari jadah tempe itu sendiri, kini usaha warung tersebut di Lanjutkan oleh sang anak  Sudimah Wirosartino hingga kini.
Untuk kamu yang tertarik mencicipi makanan khas satu ini, kamu bisa datang ke Warung Jadah Tempe Mbah Carik yang berpusat di Jl. Astamulya Kaliurang KM 15 Sleman Yogyakarta. dengan  harga yang cukup terjangkau yaitu berkisar Rp 18.000 – Rp20.000, kamu sudah bisa menikmati sepaket jadah tempe dengan isi 10 jadah dan 10 potong tahu/tempe bacem. harga yang sepadan dengan sensasi rasa yang diberikan. selamat mencoba

Sumber http://www.telusurindonesia.com

0 komentar:

Post a Comment