5 Kuliner Khas Blitar yang Menggoda Selera

 
Jika mengunjungi suatu daerah, memang tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas daerah tersebut, tak terkecuali dengan Blitar. Banyak kuliner dengan rasa menggoda selera yang bisa dicoba ketika mengunjungi Blitar. Berikut lima kuliner populer khas Blitar yang wajib dicoba.

Pecel Blitar
Sekilas, nasi pecel khas Blitar tak jauh beda dengan nasi pecel dari daerah lain. Namun jika dirasakan dengan lebih detail, pecel Blitar memiliki rasa yang tidak terlalu manis dan cenderung pedas, serta memiliki tekstur bumbu kacang yang masih sedikit kasar.
Salah satu tempat penjual nasi pecel yang populer di Blitar adalah Warung Nasi Pecel Mbok Bari. Warung pecel yang sudah buka sejak tahun 1964 ini terkenal dengan bumbunya yang sangat pedas. Selain bisa memesan nasi pecel, pengunjung juga bisa membeli sambal pecel kering di warung ini.



 Nasi Ampok
Ini adalah salah satu makanan pokok pengganti nasi yang terbuat dari jagung. Di Blitar, jagung memang lebih populer dengan sebutan ampok. Nasi ampok lebih nikmat disantap dengan sambal tomat, sayur rebus, serta ikan asin.
Tak sulit menemukan penjual nasi ampok di Blitar. Anda bisa menjumpai nasi ampok di warung pinggiran di Alun-Alun Blitar. Harga satu porsi nasi ampok juga murah, sekitar Rp4.000.


Soto Blitar
Selain nasi pecel, soto Blitar juga memiliki rasa dan penyajian yang khas. Kuah yang sudah diramu dengan bumbu diguyur ke mangkuk yang sudah berisi nasi dan potongan daging serta jeroan di atasnya. Selain itu, yang membedakan soto ini dengan soto lainnya adalah penambahan petis dan sambal.
Salah satu warung soto yang populer di Blitar dan tetap eksis hingga saat ini adalah Warung Mbok Ireng. Warung yang beralamat di Jalan Kelud ini buka mulai pukul 08.00 hingga stok habis.


Es Plered
Es plered merupakan campuran santan, gula, dan plered yang berasal dari tepung beras. Cara penyajian minuman ini cukup mudah, yaitu hanya mencampur semua bahan ke dalam gelas, dan es plered pun siap diminum.
Karena rasa plered hambar, maka minuman ini lebih nikmat jika dihidangkan dengan sirup dan santan. Harga satu porsi es plered berkisar Rp2.500 saja.


Es Drop
Es drop ini sempat booming pada era 1990-an dan menjadi minuman yang sering disajikan dalam acara-acara penting. Es ini biasanya dibungkus dengan kertas dan berbentuk menyerupai es krim.
Penjual es drop banyak ditemui di jalanan Blitar, dengan ciri khas mengendarai sepeda tua. Di sebelah kanan dan kiri sepeda tersebut, terdapat termos berwarna merah sebagai tempat menyimpan es drop.


sumber : penginapan.net

0 komentar:

Post a Comment