Tempat Wisata Kuliner Kota Balikpapan




1. Ikan Bandeng Non Duri
Salah satu kuliner khas dari Balikpapan yang banyak diburu wisatawan adalah ikan bandeng tanpa duri. Kalau anda berwisata ke Balikpapan, tak boleh melewatkan kesempatan untuk mencicipi menu yang tak hanya lezat, namun kaya gizi ini. Ikan yang mengandung protein, bagus untuk otak kita. Selain itu pengolahan makanan ini yang masih alami tanpa bahan berbahaya menjadi salah satu hal yang penting diketahui para pecinta kuliner, pastikanlah bahan ikannya masih segar dengan pengolahan yang sempurna. Rasanya maknyus!

2. Mie Soba Lada Hitam
Balikpapan memang terkenal dengan kulinernya yang banyak berbahan dasar ikan. Akan tetapi ternyata Balikpapan juga memiliki makanan khas selain ikan-ikanan, satu diantaranya adalah mie soba lada hitam. Mie ini menjadi menu yang wajib dicicipi ketika liburan ke Balikpapan. Bentuk mie agak berbeda dengan mie pada umumnya. Mie soba lebih besar ukurannya dengan saus hitam yang melumuri tiap helai mie, rasanya gurih dan menggoyang lidah.

3. Soto Banjar Gunung Kawi
Soto ini selalu ramai pengunjung karena citarasa yang gurih dan nikmat. Soto Banjar Gunung Kawi ini tak memiliki plang penanda di tempat makannya. Akan Tetapi tiap hari akan kita lihat parkiran yang penuh dengan mobil. Daging soto yang empuk juga menjadi salah satu keunggulan dari makanan berkuah gurih ini. Makan soto banjar dapat anda nikmati bersama dengan nasi putih, jadi lebih kenyang. Alamat : Jalan P. Antasari (Depan Masjid Al-Huda)

4. Ruko Bandar Balikpapan
Ruko Bandar adalah lokasi café serta restoran yang masih ada di tepian pantai, pusat Kota Balikpapan. Ini merupakan salah satu pilihan lokasi ngulineran yang asyik dan romantis. Selain makanan yang lezat, daya tarik tempat ini antara lain adalah makan malam dengan penerangan lilin kecil. Untuk menikmati menu yang ada di sini, kita tak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Cukup dengan uang sebesar Rp 17.000,- sampai dengan Rp 35.000,- perut akan kenyang terisi makanan. Alamat : kawasan Jalan Sudirman.

5. Beach House
Beach house lebih eksklusif, tempat makan ala hotel bintang lima. Harga makanan di sini, sesuai dengan konsepnya yang eksklusif memang tergolong agak mahal. Alamat : Daerah Batakan, kurang lebih 30 menit dari pusat kota Balikpapan.

6. Waroeng Ubud
Nama warung makan ini mengingatkan kita dengan Pulau Dewata. Ya, memang menu makanan yang tersedia di warung ini adalah menu khas Bali. Salah satu makanan yang paling diminati adalah ayam betutu. Untuk menu ayam betutu ini kita bisa memilih tingkat pedas sesuai dengan selera kita. Tak hanya ayam betutu, menu lain pun patut untuk dicicipi.

7. Warung Cak Nan
Warung Makan Cak Nan mempunyai beragam menu enak. Sehingga tak pernah sepi pembeli. Paling ramai kunjungan adalah ketika jam makan siang serta menjelang pulang kerja. Salah satu menu andalan yang ada di sini adalah mie ayam. Makanan yang satu ini dapat dipesan dalam porsi besar juga, lho. Yang membuat mie ini makin nikmat adalah karena citarasa kuah kaldunya yang gurih.

8. Torani
Rumah makan ini punya paket steamboat yang dulu pernah ramai di sosial media. Di sini anda dapat makan sepuasnya cukup dengan membayar seharga Rp 67.500,- per orang yang berlaku sejak bulan Februari 2014. Semua bahan paket steamboat disimpan dalam lemari pendingin atau freezer, jadi lebih terjaga kesegarannya dan anda dapat masak sendiri bila ingin makan. Di meja makannya juga telah tersedia kompor untuk memasak. Nah, di sini pun anda dapat menikmati es krim sebagai penutup sampai puas. Kalau anak-anak dipatok dengan harga Rp 50.000,- sepuasnya. Dan untuk anak yang masih berusia di bawah 5 tahun tak perlu bayar alias gratis. Kalau anda berkunjung ke Balikpapan jangan lupa untuk mampir kemari, ya.

Itulah beberapa obyek wisata yang terdapat di Kota Balikpapan. Kota yang terkenal sebagai penghasil minyak bumi ini ternyata pariwisatanya tak kalah maju dibanding sisi industrinya. Selamat menjelajahi destinasi wisata kota cantik ini!

0 komentar:

Post a Comment