10 Tempat Wisata Menarik di Surabaya Wajib dikunjungi untuk Liburan

Senang traveling? sudah lama ingin mengunjungi Surabaya yang merupakan kota terbesar kedua di Indonesia ini namun kurang informasi tentang tempat-tempat menarik dan wajib dikunjungi ?… Simak artikel huwik.com 10 Tempat Wisata Menarik di Surabaya untuk Mengisi Liburan Akhir Tahun ini.
Surabaya merupakan kota yang memiliki tempat wisata dengan pengetahuan sejarah hingga wisata alamnya yang mengagumkan. Pesona wisata di Surabaya juga dapat di temukan dalam aneka jajanan kulinernya. Banyak makanan yang akan menggoda selera anda disini, misalnya nasi bebek, rujak uleg, lontong balapan, dan rawon. Surabaya ini menjadi kota metropolitan terbesar setelah adanya Jakarta. Terdapat lokasi wisata yang unik sehingga memperkaya daya tarik dari kota ini. Perjalanan wisata anda dapat dimulai dari Surabaya lalu menjelajah kota di Jawa Timur. Seperti ke Jembatan Suramadu, Tugu Pahlawan, Gunung Bromo, Kawah Ijen, Pantai Plengkung dan masih banyak lainnya. beberapa lokasi ini dapat menjadi referensi anda dalam menghabiskan waktu liburan akhir tahun di kota Surabaya yang memiliki keistimewaan sejarah. Berikut beberapa foto/gambar yang bisa anda jadikan gambaran keindahan, kemeriahan, penuh nilau sejarah serta fantastisnya tempat-tempat wisata menarik di Surabaya Jawa Timur ini sehingga sangat rugi jika anda melewatkan begitu saja tidak mengunjungi tempat-tempat ini.

Lokasi pertama yang wajib anda kunjungi di Surabaya diantaranya yaitu Tugu Pahlawan Surabaya. Disinilah monumen untuk mengingat perjuangan para pemuda Surabaya untuk melawan tentara. Monumen dengan tinggi 41.15 meter memiliki bentuk paku terbalik dengan badan tiang yang melengkung sebanyak 10 lengkungan dan dibagi atas 11 ruas. Tidak dibuat dengan asal-asalan saja karena tinggi, ruas dan canalures memiliki makna tanggal 10 bulan 11 tahun 1945. Pada tanggal tersebutlah terjadi peperangan heroik di masa perjuangan kemerdekaan negara Indonesia. Disini anda dapat menjumpai Museum 10 November, merupakan saksi dan tempat yang mengulas banyak cerita mengenai makna Tugu Pahlawan serta bukti sejarah peperangan dahulu.

Lokasi kedua yaitu Patung Buddha Empat Wajah Surabaya. Patung tertinggi di Indonesia ini telah tercapat MURI karena ketinggiannya. Anda bisa menikmati indahnya Patung Buddha Empat Wajah ini di salah satu bagian Pantai Ria Kenjeran yang merupakan pantai di kota Surabaya yang di kenal karena produk ikannya dan sebagai lokasi nongkrong pemuda Surabaya. Bangunan Patung Buddha Empat Wajah dikelilingi oleh 4 pilar, ialah pilar hijau atau emas. Terdapat 2 sisi, ialah stupa, patung Buddha, dan singgasana Buddha. Tinggi dari patung tersebut dan tahtanya masing-masing 9 meter. Terdiri atas wajah kesehatan dan perdamaian, wajah keberuntungan, wajah perlindungan dari kejahatan dan wajah hubungan baik.
Mana saja 10 tempat wisata menarik di Surabaya yang perlu anda kunjungi?
• Tugu Pahlawan,
• Patung Buddha Empat Wajah,
• Jembatan Merah,
• Monumen Kapal Selam,
• Jembatan Suramadu,
• Ciputra Waterpark,
• House of Sampoerna,
• Masjid Agung Al-Akbar Surabaya,
• Museum Mpu Tantular,
• Pasar Turi Surabaya.

Ketiga, lokasi wisata yang perlu anda ketahui ialah Jembatan Merah Surabaya yang menjadi saksi sejarah adanya pertempuran heroik dikala masa penjajahan di Surabaya. Tercatat pada buku sejarah bila tewasnya Brigjend Mallaby saat bentrokan yang terjadi di antara para pejuang Indonesia melawan tentara Belanja di Jembatan Merah pada tanggal 30 Oktober 1945 merupakan alasan utama mengapa panglima sekutu mengeluarkan ultimatum kepada para pejuang Indonesia di tanggal 9 November 1945 supaya meletakkan senjata. Namun penolakan oleh pejuang Indonesia menjadikan api berkobar dan terjadi serangan oleh sekutu Inggris. Dahulu tempat ini menjadi sebuah hunian dan pusat perdagangan paling padat.

Keempat adalah Monumen Kapal Selam Surabaya yang letaknya berada di pusat kota Surabaya. Monumen Kapal Selam ini adalah wujud sebenarnya dari KRI Pasopati 410 yang merupakan kapal selam TNI Angkatan Laut. Kapal selam ini menjadi wisata menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Kelima yaitu House Of Sampoerna Surabaya yang letaknya ada di kawasan Surabaya Lama. Kompleks bangunan dengan gaya kolonial Belanda ini dibangun kisaran tahun 1862 yang lalu dan menjadi situs bersejarah yang dilestarikan oleh pemerintah daerah. Dahulu bangunan ini dimanfaatkan sebagai panti asuhan putra yang dikelola langsung pemerintah Belanda, tetapi saat tahun 1932 kompleks ini dibeli oleh Liem Seeng Tee yang mendirikan Sampoerna untuk dijadikan lokasi produksi rokok yang pertama. Bahkan sampai detik ini masih beroperasi sebagai pabrik rokok.

Keenam, Indahnya Jembatan Suramadu Surabaya yang berada di atas perairan selat madura. Sesuai dengan namanya, jembatan ini menjadi penghubung antara Surabaya dengan Madura dengan panjang mencapai 5,500 meter. Jembatan Suramadu merupakan jembatan terpanjang di Indonesia. Tujuan dibangunnya untuk mempercepat perkembangan pembangunan Madura. Sehingga sekarang jembatan ini menjadi ikon sekaligus tempat wisata yang populer.

Ketujuh, Ciputra Waterpark Surabaya adalah wahana wisata air dengan luas 5 hektar. Lokasinya berada di Surabaya bagian barat, tempat ini memiliki tema berupa dongeng petualangan sinbad yang menjadi alasan utama mengapa anak-anak anda perlu diajak kemari. Kedalaman air di Ciputra Waterpark ini cukup dangkal karena diciptakan bukan untuk berenang tetapi bermain air. Terdapat sebuah kolam renang tetapi kedalamannya hanya 1 meter, jadi bila anak anda tidak bisa berenang tidak perlu khawatir tenggelam. Pada hari biasa anda dapat membeli tiket seharga 70,000 rupiah dan pada hari libur 90,000 saja.

Lokasi kedelapan adalah sarana untuk beribadah umat islam, yaitu Masjid Agung Al-Akbar Surabaya yang memiliki desain modern dan megah. Masjid ini dinobatkan menjadi yang terbesar di posisi kedua setelah Masjid Istiqlal Jakarta. Saat ini Masjid Agung Al-Akbar menjadi ikon religi di Kota Surabaya. Pada bagian luarnya terdapat hiasan dengan corak ukir dan kaligrafi yang memukau pengunjung. Pintu masuk masjid ini terdiri dari 45 pintu utama dan semuanya dibuat dengan bahan kayu jati berukir indah. Cobalah untuk mampir di masjid ini saat jam shalat sekaligus menikmati indahnya dekorasi masjid yang sempurna.

Kesembilan ialah Museum Mpu Tantular Surabaya merupakan kelanjutan dari berdirinya lembaga kebudayaan Stedelijk Museum oleh warga Surabaya yang berkebangsaan jerman pada tahun 1933. Di dalam museum ini terdapat 15.000 koleksi dari peninggalan masa prasejarah, peninggalan kerajaan Hindu, Islam, Budha dan masa kolonial. Anda dapat memasukinya dengan harga tiket Rp. 4000 per orang. Di Surabaya tidak hanya menyediakan museum saja tetapi ada juga beberapa pilihan hotel di Surabaya untuk anda menginap, yaitu:

1. Hotel 88 Embong Kenongo

2. Zoom Hotel Jemursari

3. Quest Hotel Surabaya

4. Grace Setia Hotel Surabaya

5. Midtown Hotel Surabaya


Jika berwisata memang tidak lengkap rasanya tanpa berbelanja. Di Surabaya terdapat pusat industri sepatu wedoro surabaya. Disini anda dapat menjumpai lebih dari 200 toko yang menyediakan kerajinan sepatu dan sandal. Letaknya berada di Kecamatan Waru daerah perbatasan Surabaya. Harga yang disematkan pada setiap sepatunya cukup murah sesuai dengan bahan yang digunakan dan modelnya. Berbeda dengan Pasar Turi yang menjadi pusat grosir di kota Surabaya. Ada banyak jenis barang yang disediakan di pasar ini. Disinilah pusat wisata belanja yang memikat karena harganya murah dan ketersediaan barang sangat lengkap menjadi daya tarik tersendiri. Pasar Turi bagian bawah khusus menjual makanan serta minuman khas kota Surabaya. Sementara pada lantai 2 dan 3 tersedia barang elektronik, garmen, pakaian, sepatu dan peralatan rumah tangga. Selamat menikmati liburan anda di Jawa Timur dengan berbagai lokasi wisata menarik.


Sumber : /www.huwik.com

0 komentar:

Post a Comment