Potensi Wisata alam di Kabupaten Blitar

Obyek wisata yang ada di Kabupaten Blitar adalah :
- Wisata Pantai Peh Pulo Kecamatan Wonotirto,
Bila kita menginginkan pemandangan pantai yang berbeda, tidak ada salahnya bila kita mengunjungi Pantai Peh Pulo. Berbeda dengan pantai-pantai yang sudah memiliki nama di Kabupaten Blitar seperti tambak, serang dan jolosutru, dijamin, Pantai Peh Pulo bisa memberikan nuansa berbeda kepada kita.Terletak di ujung tenggara wilayah Kecamatan Panggungrejo, butuh waktu sekitar sembilan puluh menit bermobil dari pusat Kota Blitar.Namun sedikit susah untuk bisa sampai ke lokasi Pantai Peh Pulo. Selain kita harus melalui kawasan perbukitan dan hutan yang ada di wilayah Kecamatan Panggungrejo, ruas jalan menuju ke lokasi pantai sebagian masih berupa jalan makadam yang licin. Kita bisa langsung menuju tepi pantai dan bermain air. Ombaknya tidak begitu besar, sebab agak ke tengah dari tepi pantai, berjajar pulau-pulau kecil yang seolah membentengi pantai dari gempuran ombak.
Banyak pula ruang teduh disana. Kita bisa leyeh-leyeh dan menikmati hembusan angin yang semilir berhembus sambil mencermati butiran-butiran pasir putih yang tergulung ombak. Mungkin pantainya aman, karena selain dilindungi jajaran pulau, beberapa bagian yang ada cukup landai.

- Pantai Serang,
merupakan pantai yang terletak di pesisir Pantai Selatan atau di Samudra Hindia, tepatnya berada di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar kurang lebih 45 Km arah barat daya Kota Blitar dan jarak tempuhnya kurang lebih 1,5 jam.
Pantai ini memiliki hamparan pasir yang putih dan landai serta bibir pantai yang cukup panjang dengan ombak yang tidak terlalu tinggi sehingga memudahkan wisatawan untuk bermain air laut. Pantai serang juga terkenal dengan ritual tradisionalnya yaitu Larung Sesaji yang dilakukan setiap tanggal 1 Suro.
Untuk memberikan kesan nyaman sebagai obyek wisata di bibir pantai serang juga di bangun beberapa Gazebo sebagai tempat peristirahatan, selain itu wisatawan juga bisa menikmati keindahan pantai di sebelah barat dan timur pantai serang yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

- Pantai Jolosutro,
berada di desa Ringenrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar berjarak sekitar 45 km dari kota Blitar ke arah Selatan. Pantai Jolosutro merupakan pantai bagian dari kawasan Laut pantai Selatan yang dominan memiliki ombak laut selatan yang besar dan sangat indah, oleh sebab itu sangat dilarang bagi wisatawan untuk mandi di pantai ini.
Panorama laut selatan sangat indah dan menarik para wisatawan baik itu wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Laut ini mempunyai ombak yang fantastik, matahari yang terbenam, dan matahari tenggelam yang indah. Banyak petualang laut yang mengagumi laut ini.
Pantai Jolosutro terletak di sebuah teluk kecil yang diapit perbukitan dengan garis pantainya yang panjang berpasir hitam. Sementara itu, bagian tengah pantai menyimpan butiran pasir hitam yang serupa. Pantai Jolosutro sangat cocok untuk rekreasi keluarga, karena terdapat pemandangan alam yang sangat indah dan pasir yang sangat halus di sepanjang pantai. Air yang kebiruan dan angin laut yang menyapa para wisatawan juga menjadi bagian yang unik dari pantai ini.

- Pantai Tambakrejo,
terletak di Desa Tambakrejo Kecamatan Wonotirto, kurang lebih 30km ke arah selatan dari kota Blitar dan bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam.
Pantai Tambakrejo merupakan pantai yang banyak dikunjungi di Kabupaten Blitar, dengan pemandangan yang indah, pantai yang cukup bersih, air laut yang biru dan pasir putih yang terbentang menjadi sebuah teluk dengan panjang sekitar 10 Km. Ombak pantai Tambakrejo pun tidak terlalu besar, sehingga aman untuk bermain-main atau bahkan mandi di pantainya khususnya pada saat menjelang sore di mana air pantai sudah mulai surut.
Di kawasan bibir pantai Tambakrejo juga terdapat kampung nelayan dengan perahu-perahu nelayan, mencari ikan merupakan sumber mata pencarian warga di sekitar pantai Tambakrejo. Di kawasan ini juga terdapat tempat pelelangan ikin dan pasar ikan dimana para wisatawan dapat membeli ikan-ikan segar hasil tangkapan para nelayan.
Selain keunikan dan keindahan pantainya Pantai Tambakrejo juga terkenal dengan budaya larung sesaji yang dilakukan setiap tahun di bulan Oktober, pada acara ini banyak sekali wisatawan lokal maupun internasional akan berdatangan untuk menyaksikan ritual tradisional ini.

- Soko Adventure,
merupakan tempat wisata bagi wisatawan yang suka tantangan, tempat ini terletak di Desa Tegalasri Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Petualangan arum jeram di tempat ini bisa di lakukan di dua sungai yaitu sungai Tiko dan Sungai Lekso sepanjang melakukan arung jeram para wisatawan juga dimanjakan dengan pemandangan alam pedesaan yang eksotis.
Selain rafting, kayaking dan tubing juga bisa dilakukan di tempat ini, dengan peralatan yang lengkap dan di dampingi tenaga tenaga profesional yang akan memberikan rasa aman saat malakukan petualangan, untuk lebih menarik para wisatawan di tempat ini juga menyediakan berbagai macam fasilitas lainnya seperti Area Outbound, Camping Area dan Caf.

- Sirahkencong,
merupakan suatu areal perkebunan yang terletak di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar yang termasuk dalam areal perkebunan teh Persero Perkebunan Bantaran PTPN XII. Lokasinya kurang lebih 36 km ke timur dari pusat Kabupaten Blitar.Perkebunan ini berada di lereng barat daya Gunung Kawi pada ketinggian kurang lebih 100 M dari permukaan laut. Untuk mencapai tempat ini bisa dijangkau dengan 2 jalur, jalur pertama melalui Kecamatan Wlingi dan jalur kedua melalu sisi timur yaitu melalui Desa Pijiombo

- Wisata Rambut Monte,
terletak di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, kurang lebih 30 km dari Kota Blitar. Candi yang terdapat di lokasi Rambut Monte ini merupakan tempat pemujaan bagi penganut agama Hindu pada jaman Kerajaan Majapahit. Wisata Rambut Monte justru identik dengan telaga yang jernih dan airnya yang hijau yang dihuni oleh ikan, yang oleh warga sekitar di sebut dengan Ikan Dewa.
Dalam perjalanan menuju wisata ini wisatawan dimanjakan dengan keindahan sepanjang jalan, hamparan sawar warga setempat dan pemandangan yang hijau dari perkebunan teh Wisata Rambut Monte bisa merupakan wisata alam yang terdapat sebuah telaga, candi, petilasan atau tempat untuk bermeditasi karena pengujung bisa menemui sumber mata iar pegunungan yang bersih.
Untuk memberi kesan lebih dan kenyaman bagi pengunjung pihak pengelola telaga disediakan sebuah gazebo untuk beristirahat dan menikmati keindahan alam di sekitar telaga. Keindahan lokasi Rambut Monte ini kian bertambah dengan pantulan warna air dalam danau yang jernih kehijauan. Pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang di area telaga yang berisi ikan Dewa, tetapi terdapat kolam tersendiri untuk pengunjung berenang menikmati hijaunya alam di Rambut Monte.

- Gua Embultuk,
merupakan sebuah gua alam yang didalamnya penuh dengan stalagmit dan stalaktit. Gua Embultuk terletak di Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar arah selatan kota Blitar dengan jarak sekitar 40 km dan bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam. Panjang gua ini sekitar 1500 meter sedang luas dan tingginya sekitar 3 meter.

Sepanjang kurang lebih 1,5 km, pesona stalagmit akan membuat anda merasa betah dengan suasana yang mengesankan, suara gemericik air bawah tanah menambah kesan alami. Untuk menyusuri gua tersebut Pengunjung harus memakai lampu petromak dan pakaian ganti karena gelapnya Gua dan Permukaan Air yang cukup tinggi.

0 komentar:

Post a Comment