Pemandian Air Panas Cangar





Cangar merupakan nama sebuah pemandian air panas alami yang beradi di Kota Batu, tepatnya berdadi di kawasan Taman Hutan Rakyat (TAHURA) R. Soeryo, Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, kota Batu, Propinsi Jawa Timur. Seperti namanya, dari Desa inilah mengalir sumber air pertama yang mengaliri sungai terpanjang di Pulau Jawa, yaitu Sungai Brantas yang kemudian tersambung dengan Sungai Bengawan Solo. Muhammad Yamin pernah mengatakan bahwa konon Gajah Mada lahir di sebuah lembah di dekat (hulu) sumber mata air Brantas. Sedangkan Desa Sumber Brantas sendiri berada di antara Gunung Welirang dan Gunung Arjuno.
Dinamakan Gunung Welirang, karena di puncaknya terdapat kandungan belerang. Dan dari sanalah mengalir air panas yang kemudian membentuk sebuah kolam untuk berendam. Di sekitar mata air ini banyak terdapat gua-gua buatan peninggalan di masa pendudukan Jepang. Penduduk di sini mayoritas bermata pencaharian sebagai petani. Anda akan menyaksikan lahan-lahan pertanian yang teramat subur, khususnya tanaman Apel yang berada di sepanjang perjalanan menuju pemandian air Panas Cangar. Berikut akan saya sajikan salah satu surga pariwisata negeri kita, Indonesia…





Cangar, jaraknya sekitar 18 km dari kota Batu. Sepanjang perjalanan aku memperhatikan banyak sekali titik-titik yang sangat indah selama perjalanan menuju lokasi dari arah kota batu, kita akan memasuki Desa Punten, yang terkenal dengan desa sejuta bunga, karena sepanjang perjalanan, maupun hampir seluruh penduduknya menanam bunga, baik untuk di jual maupun untuk dinikmati sendiri. kita akan melihat hamparan bunga berbagai macam jenis dan spesies.

Setelah itu kita akan memasuki perkebunan apel yang banyak bertebaran di sebelah kanan dan kiri jalan yang kita lewati. dan banyak juga para pedagang apel yang menjajakan apel segar yang baru saja di petik, bila panen raya tiba, harga apel disini bisa kita tawar dengan sedikit lebih rendah dari harga biasanya.

Setelah kita melewati kebun apel dan pemukiman penduduknya, kita akan mulai memasuki perjalanan yang lebih menyenangkan. Jalannya meliuk-liuk seperti ular. Kita akan melihat hamparan perkebunan sayur mayur yang terdapat hampir di sepanjang sisa perjalanan menuju cangar, suasana jadi lebih indah lagi karena latar belakang perbukitan yang hijau, udara yang sangat sejuk dan hamparan hijau sayuran ditambah sedikit2 bunga liar yang banyak tumbuh di sebalah sisi jalan.

Selain itu, kita akan menemui banyak Green House budidaya Jamur dari yang kelas home industri hingga skala industri besar. Konon, jamur-jamur ini di ekspor ke luar negeri.

Setelah perjalanan mencapai titik tertinggi, jalanan akan menurun tajam hingga 45 derajat dengan tikungan berbentuk U sebanyak 5 kali. Dan kita mulai masuk ke lokasi wisata Cangar. Harga tiket masuknya murah banget, hanya Rp. 3.000,-/orang. Tapi, khusus wisatawan asing harga tiketnya Rp. 20.000,-

Letak kolamnya sekitar 100 m dari loket. Jalan setapak yang menurun menuju lokasi berupa anak tangga yang cukup lebar namun curam. Perjalanan menuju lokasi, kita akan memasuki hutan yang sangat lebat. Suara khas binatang hutan akan mengiringi perjalan anda. Udara di sini sangat sejuk, dingin.. namun sangat menyegarkan.


1 comment: