Pulau Sempu




Pulau Sempu adalah pulau yang terletak di malang selatan tepatnya berada di selatan Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pulau ini tidak berpenduduk dan hanya terdiri dari hutan berbukit yg sebagian besar adalah hutan mangrove. Pulau sempu memiliki sebuah danau yaitu segara anakan, danau ini merupakan danau pasang surut air laut yang indah. Meskipun memiliki kedalaman sekitar 5 meter, danau ini aman untuk kegiatan snorkling ataupun hanya sekedar berenang karena sudah terbebas dari ombak laut lepas samudra hindia. Snorkling di segara anakan memberikan nuansa tersendiri karena terumbu karangnya masih alami dan belum tersentuh tangan-tangan jahil manusia.




Persiapan peralatan dan perbekalan

Peralatan dan perbekalan yang perlu dipersiapkan tidaklah berbeda dengan yang kita siapkan untuk tracking atau naik gunung, karena di pulau sempu tidak terdapat pemukiman penduduk. Peralatan yang disarankan meliputi : Tenda, sleeping bag, kompor paraffin atau briket standart TNI, trianggia (kalo ada) , pisau, peluit, senter, korek api, kail ikan (pancing), jas hujan, jaket, dan sepatu cat ala tracking, Handy Talky (untuk menjaga kontak dengan pengawas perhutani di sendang biru). Perbekalan yang disarankan meliputi : Persediaan makanan, Air bersih yang cukup mengigat di pulau sempu tidak ada sumber air tawar, Cream anti nyamuk, garam curah (untuk ditaburkan disekeliling tenda sebagai pengusir ular).

Pelabuhan kapal Sendang Biru sore hari


 Pelabuhan kapal Sendang Biru siang hari 



Pendaratan di Pulau Sempu

Di pulau sempu anda akan mendarat di bagian utara pulau sedangkan Segara Anakan berada di sebelah selatan dari pulau. Terdapat jalan setapak berikut petunjuk jalannya, anda akan berjalan melewati hutan menaiki perbukitan selama 3 sampai 4 jam (disarankan anda memilih jalan yang bersih dan selalu berbelok ke kiri setiap ada persimpangan). Setelah sampai segara anakan sebaiknya anda langsung mencari kayu bakar sebagai api unggun sebelum gelap dan membuat tenda sebagai peneduh.
Keindahan Pulau Sempu dapat anda nikmati dari pagi hingga datang gelap. Di Segara Anakan merupakan tempat yang bagus untuk memancing, anda bisa memancing ikan laut sebagai lauk pauk. Anda juga bisa snorkeling seharian mengelilingi Segara Anakan dengan pesona terumbu karangnya. Anda juga bisa bermain bola ataupun sekedar bejemur tidur-tiduran di pantai pasir putih yang halus dan semilir angin yang penuh kedamaian.






Pulau sempu sendiri terdapat sebuah danau yang di namai Telaga Lele karena didalamnya banyak dihuni ikan jenis ini dan dilindungi. Selain itu, pengunjung juga bisa bersantai dengan bermain voli pantai. Bagi yang menyukai suasana alam yang asli, jauh dari kebisingan kehidupan modern, Pulau Sempu memberikan solusi, hanya memang jangan mengharapkan ada hotel berbintang, selain tempat tidur yang dibawa sendiri. Disamping itu juga bisa memanjat karang yang mengitari Segara Anakan, dari atas karang kita bisa melihat deburan ombak laut lepas yang mengikis terbing2 raksasa, sangat indah memang.

Anda tertarik datang ke Pulau Sempu?
Rute Dari Kota Malang Menuju Sempu Island :
Malang – Turen – Sendang Biru – Nyebrang Selat Sempu – Pulau Sempu.
atau dari terminal Arjosari
(Bus) –> Arjosari-Gadang (Bemo/Angkot) –> Gadang-Turen (Bemo),
Turen-Sendang Biru (Colt) –> Sendang Biru-Sempu (Perahu)

Tips Cara “Hemat Waktu” Trekking Dari Teluk Semut Menuju Segara Anakan
  1. Makan dan Minum yang banyak di Pantai Sendang biru sebelum menyebrang Selat Sempu. Jangan sampai kamu kelaparan atau kehausan pas trekking.
  2. Pake Sepatu khusus buat trekking (wajib Banget)
  3. Jangan pake celana Panjang cukup selutut saja, biar gak susah kalo trekking.
  4. Jangan bawa Ransel dengan bawaan banyak. Cukup 1 air minum botol besar mineral aqua. Kalo mau berenang, bawa pakaian secukupnya saja. Saya sendiri cuma bawa pakaina ganti celana dalam, celana luar dan Kaos.
  5. Selama Perjalanan, sesekali melihat ke Tanah, karena disini kita akan menemukan sampah snack atau botol. Sampah-sampah ini menunjukkan bahwa jalan ini sering dilewati. jangan melawan rute Jalan setapak yang sudah dibuat.

Waktu dan Biaya Perjalanan (2012)
  1. Perjalanan dari Malang ke Sendang Biru ± 2 Jam
  2. Tiket Masuk Ke Sendang Biru Rp 8.000 
  3. Tiket Ke Pulau Sempu Rp 40000 (sebenarnya diminta seikhlasnya)
  4. Biaya Kapal untuk penyebrangan 10.000 (siang), Rp 15.000(malam)
  5. Lama penyebrangan ± 30 menit
  6. Biaya parkir sepeda motor selama di sempu Rp 5000 (dititipkan ke rumah penduduk)
  7. Perjalanan (Tracking )menuju Segara Anak ± 1 Jam



0 komentar:

Post a Comment